INHU

Kabubaten Inhu merasa telah menjadi anak tiri oleh Pemerintah Provinsi Riau. Penilaian tersebut muncul melihat kondisi pembangunan infrastruktur yang dilakukan Pemprov Riau tak merata. Banyak jalan provinsi di Kabupaten Inhu kini rusak dan terancam putus, namun tak memperoleh perhatian.

"Janganlah Pemprov Riau menganaktirikan Inhu. Samakan pembagian kue pembangunan di Inhu dengan kabupaten lain, seperti Kabupaten Kampar dan Kuansing," ujar salah seorang tokoh masyarakat Inhu di Kecamatan Batang Cinaku H Subir Salam kepada fokusriau.com, Selasa kemarin.

Mantan anggota DPRD Inhu tersebut mengatakan, saat kampenye politik calon gubernur tahun 2013 lalu, masyarakat Inhu sempat merasa lega. Karena dijanjikan untuk perbaikan jalan provinsi di Inhu, seperti melanjutkan pembangunan jalan lintas selatan di Kecamatan Batang Cinaku. Kenyataanya, meski dibangun tapi tidak seberapa.

"Saat ini sekitar 16 kilometer rusak parah, mulai dari Desa Aur Cina sekitar 1,5 Km dan itu belum dibangun. Kemudian jalan provinsi di Desa Puntianai sampai Desa Batu Papan sepanjang 14 Km juga tak dikerjakan," ujarnya.

Ditambahkan, pembangunan jalan provinsi lintas selatan memang sempat diaspal, namun tidak tahan lama. Karena badan jalan kembali rusak setelah dilalui truk sawit. Bukan hanya itu, jalan provinsi Askiaris yang ada di Rengat kini masih menjadi kubang kerbau, termasuk penghubung Kabupaten Inhu-Kuansing yang sekarang putus juga tak ada perbaikan.

Terbaru, jalan provinsi yang menghubungkan Kabupaten Inhu dengan Inhil di Kuala Cinaku terancam putus. Selama ini, sedikit sekali anggaran perawatan yang dialokasikan pemprov.

Wakil Ketua Komisi III DPRD Inhu H Suradi menyatakan, dewan sudah berkoordinasi dengan Dinas PU Riau. Dimana tahun 2018 mendatang, Dinas PU Riau akan menganggarkan untuk pembangunan gorong-gorong di Kelurahan Sukar Mawar, Kecamatan Pasir Penyu yang menghubungkan Kabupaten Inhu dengan Kuansing.

Termasuk jalan provinsi yang menghubungkan Kabupaten Inhu dengan Inhil serta jalan Askiaris di Rengat serta akan melanjutkan pembangunan jalan lintas Selatan di Batang Cinaku. (obrin)(sumber)[right-side]
Share To:

Admin

Jangan menganggap remeh kekuatan ombak.

Post A Comment:

0 comments so far,add yours

Cobalah Meninggalkan Komentar Tentang Pengalaman Kerja Anda !