Sebanyak 33 jalur dari sejumlah kecamatan dalam wilayah Kabupaten Inhu bertarung di rayon III Desa Danau Baru Kecamatan Rengat Barat, Jumat (11/8). Pacu jalur selama dua hari itu merupakan seleksi puncak dari tiga lokasi pelaksaan seleksi menuju event nasional pacu jalur di Tepian Narosa Teluk Kuantan Kabupaten Kuantan Singingi.

"Ada 33 jalur yang sudah mendaftar dan akan berlaga di rayon III Desa Danau Baru Kecamatan Rengat Barat" ujar Koordinator Panitia Ridwan.

Dijelaskannya, 33 jalur tersebut berasal dari sejumlah kecamatan dalam wilayah Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu). Bahkan kecamatan yang cukup terjauh atau paling ujung Kabupaten Inhu yakni ikut mengutus jalurnya yakni dari Kecamatan Batang Peranap.

Lebih rinci disampaikannya, diantara jalur yang ikut bertarung itu yakni dari Kecamatan Batang Peranap sebanyak lima jalur, dari Kecamatan Peranap sebanyak enam jalur, dari Kecamatan Rengat Barat 12 jalur, dari Kecamatan Rengat sebanyak enam jalur, dari Kecamatan Kelayang dua jalur, Kecamatan Pasir Penyu dan Kecamatan Lirik sama-sama mengutus satu jalur.

Kemudian juga ada sejumlah jalur dari Kecamatan Peranap. "Perwakilan jalur sudah mengikuti technical meeting pada Kamis (10/8) pagi dan sudah dilakukan cabut undi untuk penetapan versus masing-masing jalur," ungkapnya.

Selain pelaksaan seleksi, di rayon III ini juga memperebutkan hadiah yang sudah disiapkan Pemkab Inhu. Bahkan hadiah juara pertama berupa uang pembinaan mencapai Rp 20 juta potong pajak. Kemudian uang pembinaan juga diiringi dengan piala tetap dan piala bergilir.

Sementara itu Kepala Bidang Pariwisata pada Disporasata Kabupaten Inhu Ahmad Fahmi S.Sos mengatakan pelaksanaan pacu jalur juga sebagai ajang untuk memperkenalkan Kabupaten Inhu kepada wisatawan. "Melalui pacu jalur tradisional ini, wisatawan dapat mengenal Kabupaten Inhu," ujarnya.

Karena setidaknya puluhan ribu orang hadir menyaksikan pacu jalur tersebut, hendaknya dapat juga meningkatkan pendapatan warga setempat. "Warga setempat hendaknya dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan menjual berbagai kebutuhan warga yang datang," harapnya.(1)(sumber)
Share To:

Admin

Jangan menganggap remeh kekuatan ombak.

Post A Comment:

0 comments so far,add yours

Cobalah Meninggalkan Komentar Tentang Pengalaman Kerja Anda !