BATANG GANSAL

Pemerintah kabupaten Indragiri Hulu kembali menggelar festival wisata. Setelah sebelumnya festival Danau Raja, Tembulun dan Menduyan, kali iini Festival ditaja bernama festival Bukit Tiga Puluh. Rencananya kegiatan ini akan dilaksanakan 13-15 Desember 2017 dengan lokasi Camping Grown Desa Rantau Langsat kecamatan Batang Gansal.

Dalam ajang festival yang dahulu bernama Festival Batang Gansal tahun 2017 ini, seperti sebelumnha beragam lomba mencerminkan budaya masyarakat setempat turut digelar.

Kegiatan lomba itu diantaranya pencak silat, pacu sampan, pacu rakit, lempar tombak, sumpit, kesenian tradisional gambus, Gasing tradisional Talang Mamak dan keterampilan masyarakat seperti dalam membuat kerajinan tangan dan lainnya.

"Selain itu juga akan digelar kegiatan lomaba lainnya pada hari berbeda yakni Fun Bike Mountain atau sepeda gunung pada 17 Desember 2017 pada lokasi yang sama, tegas Kadispora Pariwisata Inhu Drs Armansyah.

Menurut Kadis, kegiatan ini bertujuan untuk mempromosikan wisata alam Indragiri Hulu, kebudayaan dan juga dalam upaya peningkatan ekonomi masyarakat. "Destinasi wisata harus terus kita kejar seoerti apa yang diinginkan oleh Bupati Indragiri Hulu, H Yopi Arianto SE untuk menjadikan Inhu sebagai salah satu Destinasi wisata di Riau, jelasnya.

Dikatakan Kadis, kegiatan ini juga memberdayakan langsung kelompok sadar wisata ( Darwis) Rantau Salo di desa Rantau Langsat, karena untuk teknis pelaksanaan terutama terkait budaya tentunya Darwis lebih memahaminya. Selain itu juga melibatkan pihak Taman Nasional Bukit Tuga Puluh terutama dalam pelaksanaan Fun Bike, karena memang untuk lokasi pihak TNBT juga lebih memahami.

Sementara itu Koordinator Lapangan dari TNBT, Andi Munandar menyebutkan untuk pelaksanaan Fun Bike, sudah disiapkan rute diantaranya star dari lokasi menuju dusun Lemang, Dusun Siamang, menyeberangi sungai Gansal kemudian kembali ke lokasi semula. "Untuk pendaftar pertama akan mendapatkan kaos gratis dari panitia dan untuk pendaftaran terkahir sebelum star dilaksanakan, tegasnya.

Menurut Andi, rute Fun Bike sangat menantang karena sudah seperti Cross Country, sehingga sangat cocok bagi para penggemar sepeda yang suka tantangan terutama bagi mereka yang berada di kabupaten tetangga seperti Pelalawan, Inhil, Kuansing dan lainnya. Bagi yang berminat silahkan menghubungi panitia di Dispora Inhu. (MC Riau/ana)(sumber)[right-side]
Share To:

Admin

Jangan menganggap remeh kekuatan ombak.

Post A Comment:

0 comments so far,add yours

Cobalah Meninggalkan Komentar Tentang Pengalaman Kerja Anda !