Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Polisi Wanita (Polwan) ke 69, seluruh jajaran Polwan Polres Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) melaksanakan kegiatan sosialisasi ke masing-masing sekolah se wilayah hukum Polres Inhu untuk. Sosialisasi yang dilakukan tentang berbagai macam terkait kenakalan remaja.

Seperti halnya kegiatan sosialisasi dan penyuluhan yang dilaksanakan di SMAN 1 Rengat, Kecamatan Rengat Barat, Kabupaten Inhu, Senin (14/8/2017). Kegiatan di sekolah ini dihadiri seluruh jajaran guru sekolah dan seluruh murid-murid SMAN 1 Rengat Barat. Kegiatan sosialisasi tersebut dipimpin langsung Iptu Nugrahimi Syamsiar didampingi KBO Lantas Ipda Riris Jayanti Sitorus STrK serta puluhan Polwan se jajaran Polres Inhu.

Sesampainya SMAN 1 Rengat, para Polwan tersebut langsung melakukan sosialisasi tentang kenakalan remaja saat ini, diantaranya tentang bahaya mengenai penyalahgunaan narkoba, minuman keras (miras), hingga sosialisasi mengenai ketertiban dalam berlalu lintas.

Di hadapan para siswa, Iptu N Syamsiar menyampaikan bahwa saat ini Indonesia sudah menjadi negara yang darurat narkoba. Kejahatan narkoba sudah sangat luar biasa (extraordinalty crime), yang mana tidak lagi pengguna aktif dari barang haram tersebut di kalangan dewasa, namun juga sudah menyentuh ke kalangan remaja atau anak sekolah yang merupakan generasi penerus bangsa.

Dirinya menyampaikan ada beberapa cara untuk menghindari penyalahgunaan narkoba di kalangan remaja saat ini. salah satunya dengan cara mengikuti beberapa kegiatan ekstrakurikuler yang bermanfaat.

“Beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk menghindari bahaya penyalahgunaan narkoba, yaitu dengan cara selalu mengisi waktu dengan keluarga, dengan memilih kegiatan yang sehat dan dibarengi olahraga. Penting juga selalu pikirkan tentang pendidikan dan edukasi serta memilih pergaulan yang lebih baik ke arah yang positif,” ujar KBO Satres Narkoba Iptu Syamsiar.

Usai melakukan penyuluhan penyalahgunaan narkoba kembali dilanjutkan dengan sosialiasi tentang tertib berlalu lintas. Paparan tersebut disampaikan langsung KBO Sat Lantas Polres Inhu Ipda Riris Jayanti Sitorus STrK. Di hadapan para siswa dan siswi, KBO Sat Lantas Polres Inhu ini menerangkan tentang tata tertib dalam berlalu lintas.

Ipda Riris Jayanti Sitorus STrK mengatakan bahwa tidak dapat dipungkiri bahwa angka kecelakaan dalam berlalu lintas (laka lantas) sangat didominasi oleh anak pelajar atau anak usia dini. Banyak faktor pula yang menyebabkan laka tersebut, dimulai dari anak-anak usia dini yang kerap melakukan aksi ugal-ugalan di jalan raya sehabis pulang sekolah, hingga murid-murid yang juga tidak memahami tentang peraturan dalam berlalu lintas.

“Tidak dapat dipungkiri bahwa angka kecelakaan dalam berlalu lintas masih didominasi oleh anak-anak usia dini. Maka dari itu juga kami kerap melakukan sosialisasi ke berbagai sekolah-sekolah tentang pentingnya berkendara di jalan raya dan dalam rangka HUT Polwan ke-69,” ujar Ipda Riris Jayanti Sitorus STrK kepada KOranriaunet usai kegiatan.(Jason)(sumber)
Share To:

Admin

Jangan menganggap remeh kekuatan ombak.

Post A Comment:

0 comments so far,add yours

Cobalah Meninggalkan Komentar Tentang Pengalaman Kerja Anda !